Zorin OS

desktop

Zorin OS adalah distribusi Linux berdasarkan Ubuntu yang bertujuan agar memiliki antarmuka semirip mungkin dengan Microsoft Windows. Dengan upaya menyediakan kemudahan untuk perpaling ke dunia open source bagi mereka yang masih terjebak di Windows, sistem operasi yang ditenagai Ubuntu Linux ini cukup berhasil memikat banyak pengguna dalam waktu yang singkat.

look-canger


Zorin OS menyediakan aplikasi Zorin Look Changer yang dapat menyulap dalam sekejap, dan mengganti penampilannya menjadi seperti Windows 7, Windows XP, atau desktop GNOME. Untuk kosmetik agar bisa menyerupai Mac OS X, Unity dan Windows 2000 tersedia antarmuka tersendiri disertakan bersama edisi premium. Zorin OS juga menyematkan Wine dan PlayOnLinux guna memungkinkan pengguna untuk memasang software aplikasi (termasuk games) Windows di Zorin OS.


sistem zorin os



Anda bisa memperoleh Zorin OS dengan mudah. Caranya dengan mengunduh file ISO Zorin OS kemudian membakar file ISO tersebut pada sebuah DVD atau USB (jika saat ini Anda menggunakan Windows, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti Imgburn). Setelah file ISO selesai dibakar, Anda siap menggunakan DVD/USB berisi Zorin OS. Boot komputer Anda melalui DVD untuk menginstalnya. Zorin OS memberikan tiga pilihan instalasi: pertama, menginstal Zorin OS berdampingan dengan sistem operasi lain yang telah ada (misalnya Windows). Kedua, menginstal Zorin OS sebagai sistem operasi utama, yang berarti Anda akan menghapus semua sistem operasi yang telah ada sebelumnya dan menggunakan seluruh isi hard disk Anda dengan Zorin OS. Ketiga, memilih sendiri dimana Anda akan menginstal Zorin OS.

gnomenu-settings

Jika sebelumnya saya pernah merekomendasikan Linux Mint atau Ubuntu untuk pengguna pemula Linux, maka sekarang saya berani merekomendasikan Zorin OS sebagai alternatif lainnya. Mengapa? Ada beberapa hal yang membuat Zorin OS layak dijadikan pilihan bagi mereka yang baru mulai ‘mencicipi’ Linux, terutama jika sebelumnya sudah terbiasa dengan Microsoft Windows.

Tapi distro ini diperuntukan bagi pengguna saja, jika ingin mempelajari lebih dalam mengenai dunia open source sangat tidak direkomendasikanJika Anda tertarik menggunakan Zorin OS, Anda bisa mengunduhnya di web resmi Zorin OS. Tersedia dua versi Zorin OS, yaitu versi gratis dan versi premium.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curat Coret ...

Mitos Open Source dan linux yang Keliru

Memasyarakatkan Linux